Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru di resmikan pada tanggal 26 Januari 2005 oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI yakni Bapak Hamid Awaludin. Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru beralamat di Jl. OK.M. Jamil No. 2a yang merupakan salah satu Unit Pelaksanan Teknis (UPT) di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau.

Rumah Detensi Imigrasi lahir sebagai bagian dari Imigrasi yakni bidang Pengawasan dan Penindakan (Wasdakim) yang mengawasi dan melakukan penindakan terhadap orang asing yang melanggar hukum keimigrasian berupa penahanan sementara sehingga ditempatkan di tempat penampungan sementara yang dikenal dengan istilah KARANTINA IMIGRASI sesuai dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1992 pasal 1 angka 15. Seiring berjalannya waktu, lalu lintas orang asing bertambah banyak dan memerlukan sarana dan prasarana pendukung maka dibentuklah Rumah Detensi Imigrasi berdasarkan Keputusan Menteri Kehakiman dan HAM RI Nomor M.01.PR.07.04 tahun 2004 tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Detensi Imigrasi.

Tanggal 6 November 2017, Bertempat di Kanim kelas I Pekanbaru dilaksanakan serah terima tugas pengawasan pencari suaka / pengungsi dari Kanim Kelas I Pekanbaru kepada Rudenim Pekanbaru.