RUDENIM PEKANBARU PULANGKAN WARGA NEGARA ASING BERSTATUS PENGUNGSI

Pada hari Rabu tanggal 11 Maret 2020 Rudenim Pekanbaru  melaksanakan pengawalan Pemulangan Secara Suka Rela / AVR (Assisted Voluntary Return) terhadap 2 (dua) orang pengungsi Warga Negara Afghanistan a.n. Mohamadullah Mirzaie, Cs dan Pemindahan Tetap 1 (satu) Keluarga a.n. Qadir Ghulami, Cs Warga Negara Afghanistan yang terdiri dari 5 (lima) pengungsi dari Tempat Penampungan Wisma Indah Sari ke Tempat Penampungan Maysa Kalibata Jakarta pemindahan dilaksanakan berdasarkan surat permohonan IOM Pekanbaru kepada Kepala Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru Nomor: IOM/IND-PKU/II/2020/006 tanggal 27 Januari 2020 perihal Permohonan Transfer 1 (satu) Keluarga dari Wisma Indah ke Jakarta. 

Adapun Kedua orang pengungsi yang akan dipulangkan tersebut sebelumnya mengajukan surat permohonan kepada IOM (International Organization for Migration) untuk dilakukan Pemulangan Secara Suka Rela / AVR (Assisted Voluntary Return). Yang mana yang bersangkutan tersebut telah berada di Pekanbaru selama lebih kurang 6 (enam) tahun. Sedangkan 5 pengungsi lainya akan dipindahkan dari Akomodasi Wisma Indah Sari Pekanbaru ke Akomodasi Maysa Kalibata yang berada dibawah pengawasan Rumah Detensi Imigrasi Jakarta.

1

Pelaksanaan pengawalan hari ini dilakukan dalam 2 tahap yaitu pertama  pengawalan Pemulangan Secara Suka Rela / AVR (Assisted Voluntary Return) terhadap 2 (dua) orang pengungsi Warga Negara Afghanistan a.n. Mohamadullah Mirzaie, Cs yang dikawal oleh 3 petugas dari Rudenim akan diberangkatkan dari Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II menggunakan Pesawat Udara Lion Air dengan kode penerbangan ID6851 pukul 08.25 WIB menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta. Setibanya di Jakarta, mereka terlebih dahulu menuju ke Kedutaan Besar Republik Islam Afghanistan untuk proses administrasi, Setelah menyelesaikan proses administrasi, yang bersangkutan tersebut kembali menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta untuk dilakukan Pemulangan Secara Suka Rela / AVR (Assisted Voluntary Return) menggunakan Pesawat Udara Emirates dengan kode penerbangan EK359 tanggal 11 Maret 2020 pukul 21.15 WIB menuju Dubai International Airport, dan dilanjutkan dengan menggunakan Pesawat Udara Emirates dengan kode penerbangan EK640 pukul 08.00 waktu setempat menuju Kabul International Airport.

Sedangkan tahap ke 2 pada Pemindahan Tetap 1 (satu) Keluarga a.n. Qadir Ghulami, Cs Warga Negara Afghanistan yang terdiri dari 5 (lima) pengungsi dari Tempat Penampungan Wisma Indah Sari ke Tempat Penampungan Maysa Kalibata Jakarta diberangkatkan dari Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II menggunakan pesawat udara Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA175 pukul 11.05 WIB menuju Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Jakarta.

WhatsApp Image 2020-03-11 at 11-00-53(1)

Pelaksanaan kegiatan diatas dibebankan oleh anggaran  IOM (International Organization for Migration.) Adapun jumlah pengungsi di Rumah Detensi Imigrasi Pekanbaru setelah dilaksanakanya kegiatan diatas pada tanggal 11 Maret 2020 berjumlah 985 Orang.

Share this Post: